Pengelolaan Keuangan

Cara Tepat Mengelola Keuangan, Ini FormulanyaCara Tepat Mengelola Keuangan, Ini Formulanya

| | 0 Comment| 10:16 pm
Categories:

Setiap orang pasti ingin hidup mandiri secara finansial juga dapat menikmati penghasilan dalam jangka panjang. Namun, untuk mewujudkannya tidaklah mudah, mengingat kebutuhan dan keinginan manusia terus berkembang. Salah satu caranya adalah dengan mempunyai kemampuan manajemen keuangan yang baik.

Walaupun setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam mengelola keuangan, namun tujuan sebenarnya dari pengelolaan keuangan ialah sama, yaitu untuk mengurangi kemungkinan masalah keuangan di masa mendatang tanpa harus mengorbankan kepentingan saat ini. Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik supaya Anda bisa mencapai kemandirian finansial di masa depan.

Pengertian pengelolaan keuangan

Pengelolaan keuangan ialah cara seseorang untuk mengelola keuangan, mulai dari perencanaan, cara menyimpan dana, merancang anggaran, mengendalikan pengeluaran, serta perlindungan resiko. Tujuannya ialah untuk mencapai stabilitas ekonomi di masa depan.

Pentingnya Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan penting untuk menghindari resiko defisit yang mengakibatkan masalah ekonomi, seperti pendapatan yang habis sebelum waktunya, tidak dapat memenuhi semua kebutuhan hidup, atau tidak mempunyai dana darurat ketika dalam keadaan mendesak.

Fungsi pengelolaan keuangan

Setelah mengetahui pengertian dan pentingnya mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, ketahui juga beberapa fungsi pengelolaan keuangan sebagai berikut:

1. Fungsi perencanaan

Fungsi perencanaan dalam mengelola keuangan biasanya berkaitan dengan perencanaan anggaran, pengelolaan biaya, dan skema arus kas dan laba rugi jika Anda menggunakan uang tersebut untuk berbisnis.

2. Fungsi Penganggaran

Penganggaran ialah teknik penganggaran untuk kebutuhan sehari-hari dan pengadaan barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal jika menggunakan dana tersebut untuk melakukan bisnis.

3. Fungsi kontrol

Suatu tindakan pengawasan pengeluaran sebagai bahan evaluasi untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

4. Fungsi Audit

Fungsi audit biasanya dilakukan oleh sebuah bisnis dalam mengelola keuangan perusahaan, yaitu dengan melakukan audit berdasarkan prinsip akuntansi untuk menghindari potensi penyelewengan dana.

5. Fungsi Pelaporan

Fungsi pelaporan merupakan aspek penting dalam mengelola bisnis. Umumnya diwujudkan dalam bentuk pelaporan kinerja perusahaan saat periode tertentu.

Tujuan Mengelola Keuangan

1. Biasakan Hidup Hemat dan Teratur

Saat mengatur keuangan, Anda bisa mempraktekkan kebiasaan hidup hemat karena Anda mengetahui kebutuhan mana yang paling penting dan harus didahulukan. Perencanaan yang terperinci mengenai kebutuhan, anggaran, dan rencana pengeluaran dapat membuat kondisi perekonomian menjadi lebih teratur.

2. Meminimalkan Stres

Salah satu penyebab stres adalah kondisi keuangan yang buruk. Oleh karena itu, manajemen pengeluaran, pengendalian utang, dan lain sebagainya berdampak positif untuk meminimalisir stres.

3. Mengatasi Kebutuhan Tak Terduga

Mengelola keuangan dengan menyiapkan sejumlah dana darurat bisa membantu Anda mengatasi masalah akibat kebutuhan tak terduga.

Bagaimana Manajemen Keuangan yang Baik?

1. Buat Catatan Keuangan

Hal pertama dalam mengatur keuangan ialah mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui pengeluaran mana yang kurang dibutuhkan sehingga bisa dihilangkan untuk menghemat pemasukan.

2. Hindari Utang

Sebisa mungkin, jangan meminjam uang kecuali untuk keperluan yang benar-benar mendesak. Selain itu, berutanglah dalam jumlah yang wajar dan pastikan Anda bisa mencicilnya setiap bulan agar tidak terlalu mengganggu kondisi keuangan Anda.

3. Tetapkan Anggaran Sesuai Prioritas Anda

Cara pengelolaan keuangan selanjutnya adalah dengan menetapkan prioritas pengeluaran. Pisahkan dulu antara keinginan dan kebutuhan, lalu prioritaskan kebutuhan yang paling mendesak dan penting, lalu alokasikan pendapatan untuk kepentingan jangka panjang seperti perumahan atau tabungan pensiun.

4. Menyimpan

Menabung merupakan cara ampuh untuk mengelola keuangan dengan baik. Walau sulit, Anda bisa melakukannya secara perlahan, misalnya membiasakan pola hidup hemat, menyisihkan sejumlah penghasilan, dan memastikan disiplin melakukannya.

5. Berinvestasi

Langkah selanjutnya dalam pengelolaan keuangan adalah menjadikan investasi sebagai tabungan untuk masa depan. Agar lebih aman, Anda bisa memilih instrumen investasi yang beresiko rendah seperti reksa dana, emas, tabungan berjangka, dan sebagainya.

Jika Anda ingin melakukan investasi, Akseleran merupakan pilihan yang tepat. Akseleran merupakan P2P lending yang hadir untuk membantu menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman dalam mengembangkan usaha dengan berbagai pemberi pinjaman yang mempunyai dana lebih untuk mendanai pinjaman itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *