Kenapa Baju Baru Harus Dicuci Terlebih Dahulu Sebelum Dipakai? Ternyata Ini AlasannyaKenapa Baju Baru Harus Dicuci Terlebih Dahulu Sebelum Dipakai? Ternyata Ini Alasannya

Eits, jika Anda masih memiliki kebiasaan ini sebaiknya segera dihindari ya. Baik itu pakaian yang diambil dari display toko atau di gudang, tetap harus dicuci terlebih dahulu. Sebab kita tidak tahu bagaimana cara pakaian tersebut dibuat maupun disimpan.

Lalu apa bahayanya jika pakaian yang baru kita beli tidak langsung dicuci? Dilansir dari berbagai sumber berikut bahayanya. Bisa terkena penyakit.

Kita tidak tahu mungkin di toko pakaian tersebut sudah pernah dicoba oleh orang lain yang memiliki infeksi kulit. Nah dikhawatirkan penyakit bisa disebarkan melalui pakaian. Sehingga saat kita coba, bisa berpindah ke badan kita.

Adanya pewarna tambahan. Pewarna sintetis yang melekat pada serat pakaian bisa menyebabkan dermatitis kontak. Yaitu peradangan kulit akibat kontak dengan suatu zat alergen tertentu.

Produk pakaian baru terdapat bahan kimia berbahaya seperti Chromium IV, DMF, Alkofenon, Pewarna dispersi, pewarna azo, formalin dan fenol terklorinasi. Jika tetap nekat dipakai tanpa dicuci terlebih dahulu ditakutkan akan terkena iritasi kulit. Berbau tidak sedap.

Pakaian baru memiliki bau khas tersendiri. Tentunya jika tercampur keringat akan menyebabkan aroma yang tidak sedap. Nah hal ini tentunya menjadi masalah, terlebih lagi bagi yang sedang bersama dengan orang lain.

Bau yang ditimbulkan tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi Anda pribadi maupun orang sekitar. Ada beberapa waktu ketika pakaian harus diganti. Salah satunya yaitu sehabis olahraga, sehabis kerja atau ketika baju sudah digunakan berulang kali.

Otomatis keringat sudah tercampur di baju. Jika sudah begini, maka pakaian harus segera diganti. Karena jika tidak, akan menimbulkan beberapa masalah.

Apa saja masalah yang bisa muncul ketika kita memakai pakaian kotor? Dilansir dari berbagai sumber, berikut masalah yang bisa muncul ketika kita memakai pakaian kotor. Salah satu masalah akibat tidak mengganti pakaian yang telah kotor yaitu munculnya kerawat pada punggung dan dada,

Jerawat ini bisa disebabkan oleh tekanan dan gesekan yang berkepanjangan. Tak hanya itu, benjolan dan gatal juga bisa muncul di area pantat. Oleh karena itu untuk menghindarinya, gunakanlah pakaian yang longgar dan bersih.

Serta jangan lupa untuk rajin membersihkannya, terutama setelah melakuka aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat seperti olahraga. Pakaian yang kotor bisa menjadi sarang berbagai mikroorganisme seperti bakteri dan kuman. Sehingga menggunakan pakaian yang kotor berulang kali atau digunakan untuk tidur bisa membuat perpindahan kuman.

Kuman dari pakaian bisa berpindah ke tubuh. Sehingga akan membuat badan lengket dan gatal. Pakaian yang telah terkena keringat bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Ini menjadi masalah, apalagi bagi yang sedang bertemu dengan banyak orang. Tentunya aroma ini sangat mengganggu. Selain itu rasa nyaman juga hilang ketika menggunakan pakaian kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *