Ketahui, Ternyata 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Baik untuk Kesehatan GinjalKetahui, Ternyata 5 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Baik untuk Kesehatan Ginjal

Salah satu organ tubuh yang mesti dijaga kesehatannya adalah ginjal. Dua buah organ kecil yang terletak disekitar pinggang belakang ini berfungsi untukdarah dan membuang zat zat limbah yang ada pada tubuh. Saat kerjaginjalterganggu, tentunya zat zat limbah ini tidak keluar dari tubuh dan bisa membahayakan kesehatan. Karena itulah kita harus menjaga kesehatanginjalkita.

Berikut ini adalah 5 makanan yang murah dan didapatkan yang baik untuk kesehatanginjal. Apa saja? Ayo cari tahu! Selain makanan, tubuh kita juga butuh asupan cairan setiap harinya.

Hal itu karena sel dalam tubuh menggunakan air untuk membawa racun ke dalam aliran darah. Barulah ginjal akan menyaring racun ini dan mengeluarkannya dari dalam tubuh melalui urine atau air seni. Jadi, untuk menyehatkan ginjal kita harus rajin minum air putih, terutama saat sudah merasa haus.

Minum air putih juga bantu menghidrasi tubuh kita agar tidak kekurangan cairan. Siapa yang gemar makan buah apel? Tahukah kamu di dalam apel terkandung pektin yang merupakan serat penting yang diperlukan untuk tubuh. Melalui kandungan pektin ini, apel bisa mengurangi risiko rusaknya ginjal yang disebabkan oleh tingginya gula darah dan kolesterol.

Kamu mungkin pernah mendengar untuk menyehatkan ginjal, kita harus mengurangi asupan natrium. Hal ini artinya kita juga harus mengurangi penggunaan garam dalam masakan. Salah satu cara untuk membuat makanan tetap gurih dan beraroma lezat, kita bisa menggunakan bawang merah atau bawang bombay.

Cukup menumis hidangan dengan bawang merah atau bawang bombay, makanan kita bisa bertambah rasanya tanpa perlu menggunakan garam. Sama seperti bawang merah dan bawang bombay, bawang putih juga bisa berfungsi sebagai penyedap. Karena jumlah garam harus dibatasi, maka kita bisa memakai bawang putih untuk menambah rasa pada makanan.

Selain itu bawang putih adalah bahan makanan yang mengandung mangan, vitamin C, vitamin B6, dan senyawa sulfur yang bersifat anti radang. Seperti yang kita tahu, orang yang terkena masalah penyakit ginjal tak hanya harus membatasi natrium, tapi juga kalium. Sayangnya beberapa buah, seperti kiwi, pisang, atau jeruk mengandung kalium yang cukup tinggi.

Nah, nanas adalah salah satu jenis buah yang kandungan kaliumnya rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita sakit ginjal. Nanas juga diperkaya dengan serat, mangan, vitamin C, dan bromelain. Bromelain adalah enzim yang bisa membantu mengurangi peradangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *