Rehabilitasi Narkoba

Tahapan Rehabilitasi Narkoba dan Ketergantungan NAPZATahapan Rehabilitasi Narkoba dan Ketergantungan NAPZA

Salah satu upaya yang digunakan untuk menyelamatkan para pecandu dari narkoba dan bahaya adalah dengan cara rehabilitasi narkoba. Rehabilitasi narkoba itu sendiri terbagi menjadi tiga tahap yang cukup rumit.

Salah satunya adalah rehabilitasi medis, rehabilitasi nonmedis dan rehabilitasi bina lanjut. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang perlu anda ketahui, antara lain yakni :

Apa Saja Tahapan Rehabilitasi Narkoba dan Ketergantungan NAPZA ?

 

1. Detoksifikasi atau Tahap Rehabilitasi Medis

Tahap yang satu ini adalah tahap pertama yang memang harus dijalani oleh para pecandu narkoba. Hal tersebut dilakukan tak lain dengan tujuan agar terlepas dari ketergantungan narkoba. Sementara pada tahap yang satu ini biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan pecandu baik kesehatan fisik atau mental.

Pastinya dokter juga akan menentukan jenis pengobatan yang pastinya akan diberikan gunanya adalah untuk melakukan pengurangan gejala putus obat yang diderita oleh para pecandu. Pemberian obat yang satu ini bergantung pada jenis narkoba yang pernah digunakan dengan tingkat keparahan gejala.

Contoh yang bisa digunakan adalah pecandu berat narkoba dengan jenis heroin yang pada umumnya memang mudah sekali mengalami sakau. Pecandu yang satu ini dapat diberikan sebuah terapi obat methadone atau naltrexone yang mana seiring berjalannya proses dosisnya akan diturunkan pastinya.

2. Tahap Rehabilitasi Nonmedis

Para pecandu narkoba juga dapat mengikuti berbagai jenis kegiatan pemulihan yang mana secara terpadu baik konseling dan lainnya. Selain itu, juga terapi kelompok hingga berbagai macam pembinaan spiritual atau keagamaan sekalipun. Pastinya hal ini adalah hal yang menguntungkan pihak yang terehabilitasi.

Diketahui bahwa dengan konseling dapat dengan mudah membantu para pecandu narkoba untuk lebih mengenali masalah atau jenis perilaku yang dapat memicu ketergantungan. Pecandu juga dapat dengan mudah menemukan strategi tepat untuknya dengan tujuan agar dengan mudah terlepas dari napza tersebut

Tak hanya itu saja, dimana juga terdapat terapi kelompok yang mana merupakan jenis forum diskusi dengan anggota sesama pecandu narkoba. Terapi yang satu ini adalah jenis terapi terbaik dengan tujuan agar anggotanya dapat dengan mudah memberi motivasi, baik bantuan serta berbagai macam dukungan yang terbaik.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar sama-sama terbebas dari jeratan narkoba tersebut, pastinya hal ini sangat menguntungkan bagi pecandu yang ingin berhenti ketergantungan. Kegiatan rehabilitasi narkoba ini pastinya sangat memperhatikan berbagai jenis keamanan bagi para orang yang mengikuti hal ini.

3. Tahap Bina Lanjut

Tahap selanjutnya yang perlu juga diketahui adalah jenis tahap akhir dari berbagai jenis rangkaian rehabilitasi narkoba. Nantinya para pecandu juga akan diberikan berbagai macam kegiatan yang mana sesuai dengan minat serta bakat dari masing-masing. Tujuannya tentu sederhana yakni agar mereka dapat kembali normal.

Mereka pastinya akan kembali bekerja dan tetap produktif dan menyelesaikan program rehabilitasi. Pastinya setelwh terbebas dari ketergantungan yang satu ini biasanya mantan pecandu narkoba dapat kembali ke masyarakat dan dapat dengan mudah beraktivitas seperti biasanya di bawah BNN pastinya

Walau dalam penatalaksanaannya tetap butuh dukungan tentang keluarga, kerabat serta masyarakat sekitar agar dapat kembali menjalani hidup sehat dan benar terlepas dari jeratan narkoba yang ada di masa mendatang. Usahakan untuk tidak takut untuk melaporkan diri ke IPWL untuk layanan rehab.

Karena semakin cepat rehabilitasi yang satu ini dilakukan maka secara otomatis anda akan cepat sekali terbebas dari belenggu narkoba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *