Cerita Nelayan Pantai Ngandong Lihat Hiu Tutul Melintas di Dekat Kapal saat BerlayarCerita Nelayan Pantai Ngandong Lihat Hiu Tutul Melintas di Dekat Kapal saat Berlayar

Ari Wibowo (27) bisa jadi tak memiliki firasat apa pun saat berlayar di perairanPantaiNgandong, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus,Gunungkidulpada Kamis (08/10/2020). Namun siapa sangka pertemuan dengan hewan laut eksotis di depan matanya. Nelayan tersebut mendapati hiu tutul tengah melintas persis di samping perahunya.

"Saya tak sengaja berjumpa dengan hiu tutul tersebut. Saat itu posisinya masih dekat dengan pesisir pantai," kata Ari melalui pesan singkat. Berdasarkan video yang dipublikasikan Ari, hiu tutul berukuran besar tersebut tampak melintas dengan tenang di sisi perahu. Ia bahkan terlihat tak terganggu dengan kehadiran Ari dan kapalnya.

Meski menarik perhatian, Ari yang menetap di sekitaranPantaiNgandongmengatakan hiu tutul memang terbiasa melintas di perairan tersebut. Mereka mudah dijumpai terutama di musim kemarau. "Kalau musim begini, memang hiunya cukup sering terlihat. Jadi sudah biasa bagi kami," katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rujimanto (48) ayah Ari yang juga seorangnelayan. Penampakan hiu tutul tersebut berkaitan dengan masa migrasinya saat perairan di selatan menjadi dingin, sehingga ia melintas ke area yang lebih hangat. Kehadiran hiu tutul pun kerap jadi tontonan para nelayan saat tengah berlayar.

Pun begitu, hewan bernama Latin Rhincodon typus itu tak terganggu oleh kehadiran manusia. "Mereka termasuk jinak, hanya melintas dan sesekali muncul ke permukaan air," kata Ruji yang juga merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI)Gunungkidulini. Seperti yang diungkapkan putranya, hiu tutul ini juga kerap mendekat ke perahunelayannamun tidak mengganggu.

Hanya saja, saat malam hari hewan ini rentan tertabrak mesin kapal, lantaran tak terlihat dalam kondisi gelap. Video karya Ari tersebut diunggah melalui akun Instagram @ari_wibowo0110 sekitar 9 jam lalu dan ditonton oleh 412 pengguna hingga berita ini dibuat. Video itu pun kemudian diunggah ulang oleh akun @pantai_ngandong sekitar 7 jam lalu dan sudah disaksikan oleh 350 pengguna Instagram. ( )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *