Jangan Pernah Lakukan 7 Hal Ini saat Makan Menggunakan SumpitJangan Pernah Lakukan 7 Hal Ini saat Makan Menggunakan Sumpit

Perlu kamu tahu ada beberapa hal yang dilarang saat menggunakan sumpit, termasuk menusuk makanan hingga menyuapi orang lain dengan satu sumpit yang sama. Berbicara masalah sumpit tentunya tidak lepas dari budaya makan masyarakat Tionghoa. Alat makan sumpit ini akan selalu tersedia di tempat makan atau restoran ala Tionghoa.

Meskipun terkenal sebagai budaya makan di Tionghoa, pemakaian sumpit di Indonesia juga sudah cukup lazim terdengar. Melansir dari Kompas.com, inilah beberapa hal yang wajib kamu hindari saat makan menggunakan sumpit. Menusuk makanan kerap sekali dilakukan oleh beberapa orang yang kadang kurang pawai dalam mengenakan sumpit.

Jika tidak bisa mengambil makanan dengan sumpit, jangan lantas menusuk makanannya dengan itu. Mintalah bantuan jika kamu kesulitan dalam mencapit makanan. Jangan sungkan meminta garpu atau sendok kepada pelayan retoran.

Menancapkan sumpit di mangkuk nasi secara vertikal memiliki nilai tabu dalam tradisi Tionghoa. Menancapkan sumpit secara vertikal di mangkuk nasi serupa dengan penancapan hio pada ritual sembahyang arwah dalam tradisi Tionghoa. Termasuk tradisi Asia Timur, Jepang, hingga Korea.

Jika sedang tidak menggunakannya, ada baiknya meletakkan sumpit di tempat asalnya atau di samping mangkuk atau piring. Hindari menjilat atau menghisap sumpit meskipun kamu telah selesai makan. Perbuatan menghisap dan menjilat sumpit akan dipandang tidak sopan.

Apalagi saat kamu berada dalam jamuan makan yang formal. Lain halnya dengan sendok, kamu tidak diperkenankan menyuapi rekan lain dengan sumpit. Namun, ada pengecualian lain hanya bagi orang tua yang memiliki anak balita yang belum bisa menggunakan sumpit.

Jika kamu ingin berbagi dengan teman semeja, letakkan makanan di piring. Kemudian, biarkan rekan kamu mengmbilnya dan memakannya sendiri dengan sumpit mereka. Seperti sendok dan garpu, sumpit hanya digunakan sebagai alat makan yang digunakan saat makan.

Jangan sampai keasyikan menggunakan sumpit hingga menunjuk teman dengan sumpit. Pastikan kamu meletakkan sumpit kamu sebelum memanggul seseorang. Jangan pernah membuat bunyi bunyian semenarik apapun dengan sumpit yang kamu pegang.

Mengutip dari China Today, perbuatan tersebut dianggap oleh kalangan orang Tionghoa sebagai perbuatan para pengemis. Perbuatan pengemis yang sedang mencari perhatian. Sumpit digunakan untuk mengambil lauk pada piring.

Namun, jika kamu sulit menemukan makan gunakanlah ujung sumpit kamu (ujung sebaliknya) untuk mengambil. Selain itu, mengaduk aduk lauk demi mencari potongan makanan tertentu, akan membuat kamu terlihat sebagai seorang yang tamak dan pemilih. Ambil saja bagian yang mudah dijangkau dengan sumpit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *