Ingat Pengalaman Sedih Melahirkan di Masa Pandemi Corona, Air Mata Mona Ratuliu MenetesIngat Pengalaman Sedih Melahirkan di Masa Pandemi Corona, Air Mata Mona Ratuliu Menetes

| | 0 Comment| 6:24 am
Categories:

Melahirkan di tengah situasi pandemi Virus Corona menjadi pengalaman tak terlupkan bagi aktris Mona Ratuliu. Mona mengatakan, ia merasakan perbedaan luar biasa ketimbang proses kelahiran sebelumnya. Mona menceritakan itu pada sebuah video yang diunggah di channel Youtubenya.

Menurut Mona, perbedaan paling mencolok yang dia rasakan yakni dari segi emosional. Dia merasa amat begitu kesepian lantaran tidak ada dari pihak keluarga, khususnya sang suami, Indra Brasco yang menemani saat proses lahiran di rumah sakit. Hal itu lantaran mereka harus mengikuti protokol kesehatan Covid 19. "Secara emosional itu perasaannya ya merasa sendirian lah. Maksudnya, nggak ditemenin orang orang yang biasanya support kita," ungkap Mona sambil.

Mona juga mengatakan, hingga saat ini masih banyak keluarga yang belum bisa menjenguk karena terhalang pandemi Corona. "Sebenarnya kemarin lahirannya lancar sih ya berkat doa dari orang orang, cuma nggak ngebayangin orangtuaku nggakb bisa datang. Biasanya, keluargaku setiap kelahiran pada datang semua kasih suport. Jadi, pengalaman kemarin sih memang dari segi emosional sangat berat," terangnya. Mona mengatakan, bagi ibu ibu lain yang hendak melahirkan di tengah pandemi, lebih baik menanyakan dahulu prosedur tetap di rumah sakit yang dipilih.

Sebab, masing masing rumah sakit berbeda produsernya. "Ada yang cuma rapid test saja, tapi rumah sakit kita kemarin enggak cukup rapid test," kata Mona Ratuliu. "Jadi ada rapid test, rontgen paru paru, terus ada tes darah apa gitu aku lupa. Jadi ada beberapa tes untuk melihat ada kemungkinan Covid 19 atau enggak," ujar Mona.

Mona Ratuliu menambahkan, perlu biaya ekstra untuk mengikuti serangkaian tes Covid 19, yakni sekitar Rp 1 sampai 3 juta. Mona Ratuliu dan Indra Brasco memutuskan untuk mengikuti persalinan secara caesar di tanggal 20 Mei 2020. Keduanya mengaku sempat bingung menentukan nama.

"Banyak banget yang nanyain namanya siapa sih. Namanya Numa, tetapi banyak banget yang penasaran sama nama panjangnya," kata Mona. Ketiga anak Mona dan Indra juga turut memberikan usulan nama yang membuat mereka semakin memiliki banyak referensi dan bimbang. Mona dan Indra mempunyai kebiasaan memberi anak anaknya dengan nama yang terdiri dari tiga kata.

"Ini Numa Kamala, nah terakhirnya ini nih masih galau karena ada beberapa nama yang kita pengin," ucap Mona. Diberitakan sebelumnya, Mona Ratuliu melahirkan anak keempat berjenis kelamin perempuan di salah satu rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (20/5/2020) pukul 20.20 WIB. Indra Brasco mengatakan, kondisi Mona sehat, begitu juga bayinya.

Bayi mungil itu lahir dengan berat 3,4 kilo gram dan panjang 50 cm. Indra Brasco mengaku tak bisa mendampingi istrinya ketika melahirkan dengan proses persalinan caesar dan di tengah pandemi virus corona atau covid 19. "Karena protokoler rumah sakit jadi tidak bisa menemani. Lahirannya ya hanya sama dokter saja," kata Indra Brasco ketika dihubungi awak media, Kamis (21/5/2020).

Indra mengatakan, pada kelahiran ketiga anaknya, ia selalu mendampingi Mona ketika proses persalinan berlangsung. "Tapi untuk yang keempat ini karena covid 19 pendamping ditiadakan siaapun itu. Jadi aku tidak bisa ikut nemenin karena tidak boleh ada di ruang persalinan," jelasnya. Indra tak mau marah. Ia memahami betul bagaimana sebuah aturan rumah sakit di tengah kondisi wabah virus corona atau covid 19.

"Mona juga di kehamilan keempat ini sangat wise sekali dan tidak keberatan dengan kondisi ini," ungkapnya. Lebih lanjut, Indra Brasco dan Mona Ratuliu menegaskan bahwa mereka tidak mempermasalahkan tidak saling berdampingan selama proses persalinan berlangsung. "Makanya salah satu keputsan kita yah akhirnya kita ikutin protkoler di Rumah Sakit," ujar Indra Brasco.

Indra sebelumnya menginformasikan kelahiran anaknya melalui akun Instagram @indrabrasco, Rabu malam. Indra Brasco juga mengunggah foto sedang memeluk erat Mona Ratuliu yang baru saja melahirkan anak keempatnya. Mona Ratuliu melahirkan anak keempatnya melalui persalinan caesar.

Di akun Instagramnya pula, Indra Brasco kembali menuliskan kisah persalinan Mona Ratuliu, Kamis (21/5/2020). "Kemarin, semenjak Covid 19 kebijakan RS tidak ngizinin suami atau pendamping pasien nemenin saat melahirkan SC (operasi caesar)," tulis Indra Brasco. Menurut Indra Brasco, ini adalah pengalaman pertamanya tidak mendampingi Mona Ratulis saat melahirkan.

Sementara saat Mona Ratuliu melahirkan 3 anak sebelumnya, Indra Brasco selalu menemani istrinya di ruang persalinan. "Resah, panik, bingung, takut, campur aduk deh," tulis Indra Brasco. "Terus terang rasanya kayak jantung pindah ke kaki, pokoknya awur awuran," kata Indra Brasco.

Salah satu hal yang menenangkannya saat Mona Ratuliu melahirkan, lanjut Indra Brasco, "Selain berdoa ya video call bareng anak anak. Bener bener nenangin banget." "Paling nggak bikin Yanda nya pingsan didepan pintu ruang operasi," tulisnya. Mona sedih tak bisa diteman suami

Ketika berbincang akhir April lalu, Mona Ratuliu mengatakan, akan melahirkan anak keempatnya hanya boleh ditemani suaminya karena adanya wabah virus corona. Mona Ratuliu sedih mendengar informasi tersebut. Saat melahirkan tiga anaknya, Mona Ratuliu selalu ditemani orang orang terdekat, terutama keluarga, termasuk anak anak, ibu hingga teman teman dekat yang biasa menunggu di luar ruang persalinan.

Walau sedih tidak akan ditemani keluarga dan sahabatnya saat bersalin, Mona Ratuliu tetap berusaha mematuhi peraturan di rumah sakit. Hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan keluarga supaya terhindar virus corona. "Sempat sedih, cuma mau gimana lagi. Saya tetap berharap kondisinya lebih baik dari sekarang," kata Mona Ratuliu saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *